Penyebab Ponsel Disaku Terasa Bergetar Padahal Tidak

Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami ponsel yang sedang ada di kantong saku kita serasa bergetar, sementara setelah kita cek ternyata tidak ada notifikasi apa-apa. Sebenarnya bagaimana itu bisa terjadi?
Kejadian seperti itu dinamakan phantom vibrations.  

Jika kamu terbiasa mengantongi ponsel di saku celana kamu, saraf di sekitar tempat kamu biasa meletakkan ponsel itu lama-kelamaan akan bisa mengenali keadaan apakah ponsel tersebut bergetar ataukah ponsel tersebut tidak bergetar. Rangsangan dari saraf tersebut kemudian diterima dan diterjemahkan oleh otak sebagai suatu kondisi antara ‘ponsel bergetar’ atau ‘ponsel tidak bergetar’. Namun, ketika otak menerima dan menerjemahkan rangsangan saraf dengan kondisi handphone bergetar meskipun sebenarnya tidak, saat itulah kita akan merasakan yang namanya phantom vibration. Hmm, otak ternyata bisa salah menerjemahkan rangsangan dari saraf tersebut.

Para ahli mengatakan bahwa hal ini terkait dengan kebiasaan manusia sekarang yang tidak bisa lepas dari gadget. Jika seseorang sudah sangat sering merasakan phantom vibration ini, kuat dugaan jika orang tersebut sangat mengkhawatirkan atau mengharapkan adanya telepon, SMS, atau pesan instan masuk ke ponsel mereka.

Nah, sekarang tahu kan penyebab ponsel terasa disaku terasa bergetar.

1 comment: