Tahukah Kamu Kenapa Rambut Orang Tua Berwara Putih (Beruban)


Untuk kebanyakan orang, waktu usia muda memiliki rambut berwarna hitam. Namun seiring bertambahnya usia, mulai muncul rambut berwarna putih atau yang biasa di sebut uban. Kenapa bisa begitu? menurut nationalgeoghrapic rambut manusia terbentuk dari keratin, yaitu sel-sel protein pembentuk rambut. Di dalam keratin ini terdapat folikel rambut yang berfungsi memproduksi melanin atau pewarna rambut. Melanin ini sebenarnya tidak hanya memproduksi satu jenis warna. Ada dua jenis melanin, eumelanin yang memproduksi warna cokelat dan hitam, dan pheomelanon yang memproduksi warna kuning dan merah. Komposisi dari eumelanin dan pheomelanon inilah yang menghasilkan warna rambut yang unik, yang berlainan setiap orang.

Melamin ini mempunyai masa produktif, dengan bertambahnya usia manusia, produksi pigmen warna semakin melambat, bahkan terhambat, akibatnya adalah terbentuknya uban atau rambut putih. Menurut para ilmuwan, kegagalan melanosit sel induk adalah penyebabnya. Sel-sel induk ini berhenti memproduksi jumlah yang memadai untuk melamin mengeluarkan pigmennya.
Faktor lain selain usia adalah genetik. Gen tersebut mengatur proses pigmenisasi pada melamin, dan sifatnya unik untuk setiap orang, artinya ada yang rambutnya cepat putih, ada juga yang lambat putih. Hal lainnya yang bisa menyebabkan rambut berubah menjadi beruban seperti cacat genetik, produksi hormon yang abnormal seperti stress mendadak atau kronis, distribusi melanin pada tubuh yang tidak normal dan juga faktor iklim bisa menyebabkan rambut kita beruban, seperti polusi, racun dan paparan bahan kimia.

3 comments:

  1. ak kalau mau ngehitemin rambut suka yang alami soalnya lebih aman

    ReplyDelete
  2. Info tentang penghilang uban alami bisa anda tonton videonya di sini, klik --> https://youtu.be/mxrw1B_tzvI

    Whatsapp : 0853-4787-8600 (Tsel) / Bapak Paisal Aulia

    #penghilanguban #menghilangkanubanrambut #mengatasiubanrambut

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete