Apakah Kura-Kura, Penyu dan Bulus Itu Sama?

Mungkin teman-teman pernah bertanya-tanya, apakah kura-kura, Penyu dan bulus itu sama atau berbeda? sebenarnya mereka bisa dibilang sama tapi berbeda. Kesamaannya adalah kura-kura, penyu dan bulus memiliki "rumah" yang bisa dibawa-bawa, dan perbedaannya adalah bentuk rumahnya yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu.


Kura-kura

Kura-kura adalah hewan berkaki empat yang termasuk golongan reptil, kura-kura memiliki "rumah" atau batok yang keras dan kuat.
Batok kura-kura ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas dan bagian bawah disebut plastron. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.

Penyu

Menurut para ilmuwan penyu atau kura-kura laut sudah ada sejak zaman dinosaurus. Penyu memiliki kaki mirip dayung yang membantunya saat berenang di dalam air. Walaupun hidupnya lebih sering di dalam air, tetapi karena penyu bernafas dengan paru-paru maka penyu akan sesekali naik ke permukaan untuk mengambil nafas. Bentuk rumah penyu hampir sama dengan kura-kura, hanya saja kalau kura-kura bisa memasukkan kepalanya ke dalam rumahnya sedangkan penyu tidak.

Bulus


Bulus habitat utamanya di dalam air, ukuran bulus juga tidak besar jika dibandingkan dengan kura-kura atau bulus. Ukuran bulus umumnya antara 60-100 cm saja. Seperti penyu, bulus juga tidak bisa memasukkan kepalanya ke dalam rumahnya dan rumah atau batok bulus juga tidak keras, tetapi lebih lunak dan licin.





Nah, sekarang tahu kan perbedaan dan persamaan antara ketiga hewan itu, tetapi ketiganya sekarang terancam punah. Jadi kita harus melestarikan dan melindungi yah.

0 comments:

Post a Comment